Cara Mudah Membuat Gemblong Cotot

Cara Membuat Gemblong Cotot

Cara Membuat Gemblong Cotot - Ubi adalah tumbuhan dengan banyak jenisnya. Salah satu jenis ubi yang sering dijumpai adalah singkong. Tumbuhan ini dapat ditanam di mana saja baik itu di ladang atau bahkan pekarangan rumah dengan hanya menancapkan sebagian kecil batangnya saja.

Selain itu tumbuhan ini juga tidak harus selalu disiram secara terjadwal alias gampang banget di tanam. Tumbuhan yang juga dimandaatkan daunnya sebagai lalapan dan masakan sayur daun singkong ini dapat dibuat menjadi aneka makanan tradisional seperti salah satunya gemblong cotot.

Gemblong cotot termasuk ke dalam kategori kue tradisional dari jajanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari olahan singkong yang telah dihaluskan dan dibuat adonan. Adonan ini kemudian dibentuk bulatan lonjong dan diberi sisipan gula di bagian tengahnya sehingga saat digigit akan keluar gula lumernya.

Gula yang digunakan sisipan gemblong cotot adalah gula putih. Gula ini menjadi lumer karena pada saat penggorengan gulanya menjadi leleh akibat panasnya minyak.

Masyarakat setempat biasa menikmati gemblong cotot sebagai teman minum kopi atau teh hangat dan tak jarang juga dinikmati sebagai pengganjal dikala lapar seperti halnya gorengan bakwan, pastel dan lain sebagainya. Kue sejenis ini juga ada di Jawa Barat dengan sebutan lain yaitu misro atau amis tijero yang berarti terdapat rasa manis di bagian dalamnya.

Hanya saja sisipan gula yang dipakai adalah jenis gula merah yang disisir halus. Anda yang ingin mencoba gemblong cotot dapat mulai membuatnya seperti langkah penyajian berikut ini.

Bahan-bahan Gemblong Cotot

  • Singkong 500 gr
  • Gula pasir 175 gr
  • Secukupnya garam halus
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Gemblong Cotot Manis

  1. Kulit singkong dikupas lalu cuci bersih singkong dan kukus sampai matang dan empuk.
  2. Haluskan singkong kukus dengan cara ditumbuk lalu campurkan dengan garam.
  3. Ambil satu kepal adonan singkong lalu tekan pipih dan sisipkan gula pasir ditengahnya, setelah itu bentuk bulat lonjong seperti telur, begitu seterusnya sampai selesai.
  4. Terakhir, panaskan minyak dan goreng adonan singkong isi gula yang sudah dibentuk lonjong tadi sampai matang, angkat dan tiriskan.
  5. Gemblong cotot sudah selesai dibuat.

Demikan langkah pembuatan kue tradisional gemblong cotot, semoga bermanfaat dan selamat mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Artikel Menarik Lainnya :

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Membuat Gemblong Cotot"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *